IdBlogNetwork

Fwd: Bangkit dengan Bantuan Komunitas

Tulisan ini dikutip dari Tabloid Kontan 9 - 15 Desember 2013, hal. 39 yang merupakan bagian dari tulisan yang berjudul "Memang Sudah Sakit, Buat Apa Sedih Terus"  yang berkisah tentang "Kisah Inspiratif penderita Gagal Ginjal Kronis menjalani hidup dengan normal". Penulisnya adalah Surtan Siahaan.

Perasaan positif sangat penting bagi “kesembuhan” penyakit pasien ginjal kronis. Oleh karena itu, sangat penting untuk bergaul dengan sesama penderita gagal ginjal kronis.
Erik Tapan, Ketua Bidang Informasi dan Edukasi Indonesia Kidney Care Club (IKCC), mengatakan, terdapat banyak komunitas penderita ginjal di negara kita. Salah satunya adalah IKCC atawa Perkumpulan Sayang Ginjal Indonesia.

Komunitas ini didirikan oleh sejumlah pasien gagal ginjal beserta keluarganya dan orang-orang yang memiliki kesadaran terhadap kesehatan ginjal.
Sejak berdiri tahun 2005 lalu, IKCC rutin mengadakan bermacam kegiatan, mulai sesi sharing hingga seminar kesehatan.
Komunitas ini juga bisa menjadi salah satu sarana pendamping bagi pasien ginjal bertukar informasi maupun saling menguatkan.
Dari sesi bertukar informasi dan kumpul sesama penderita ginjal, banyak manfaat yang bisa diperoleh, mulai dari tips untuk diet (makanan) hingga cara berolahraga. “Untuk memperbaiki tingkat kesembuhan penderita gagal ginjal, baik fisik maupun mental,” kata Erik lagi.



Saat ini, anggota IKCC mencapai 955 pasien ginjal yang tersebar di beberapa kota, seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta bahkan Jayapura.
Untuk menjadi anggota IKCC, caranya mudah, cukup datang ke kegiatan komunitas ini atau menghubungi Sekretariat IKCC. Tak lupa, membayar iuran keanggotan sebesar Rp 70.000 untuk setahun dan tahun berikutnya hanya Rp 40.000.
Komunitas ini tidak hanya bagi penderita ginjal, tapi juga terbuka untuk masyarakat yang sadar terhadap kesehatan ginjal. Pasalnya, aktivis IKCC juga bisa memberikan informasi dan edukasi tentang ginjal.


Tidak ada komentar: